EmitenNews.com - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Mesir Lutfi Rauf mengungkapkan adanya peluang besar masuknya produk halal Indonesia di pasar Mesir. Untuk memudahkan impor produk-produk Indonesia ke Mesir, KBRI Kairo berupaya menghilangkan hambatan-hambatan perdagangan, antara lain dengan mengaktifkan skema imbal dagang antara pelaku usaha kedua negara.


"KBRI juga membantu para importir Mesir mencarikan pasar untuk produk ekspor mereka sehingga tercipta posisi penawaran yang baik," kata Dubes Lutfi dalam keterangan pers di Jakarta, Senin. Sabtu (17/6) lalu Lutfi baru saja mengadakan kunjungan kerja ke pergudangan Fayomei for Import & Export di Kota Fashn, Provinsi Bani Suef.


Selama kunjungan ke pergudangan tersebut, Fayomei for Import & Export diwakili oleh direkturnya Mahmoud Taha Fayoumei, Manager Marketing Mostafa dan akuntan Yahya. Sementara itu, Dubes Lutfi didampingi oleh Atase Perdagangan M. Syahran Bhakti S.


Dubes Lutfi mengatakan meski kondisi ekonomi global penuh tantangan dan rata-rata terkena inflasi, selalu saja ada peluang dalam kondisi apapun. Direktur Mahmoud Fayomei menyebutkan produk-produk yang mereka impor dari Indonesia adalah produk makanan olahan halal seperti produk ikan sarden kaleng, produk tuna kaleng, produk bubuk kakao, kelapa parut, dan shortening (lemak yang banyak dipakai untuk membuat roti dan kue).


Mahmoud juga menyatakan pihaknya menjadi agen resmi Afia International Co untuk Provinsi Bani Suef dan Provinsi Elmenia yang mengimpor minyak sawit refined palm oil dari Indonesia.


Ia mengatakan pada awalnya, mereka hanya mengimpor dua kontainer produk halal dari luar negeri pada 2004. Jumlahnya meningkat hingga 400 kontainer pada 2022, dengan beragam produk makanan olahan yang diimpor dari negara-negara utama seperti Indonesia, Thailand dan Vietnam.(*)