EmitenNews.com - PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE), perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan bahan kimia, telah mendirikan anak usaha baru bernama PT Sinar Aroma Sentosa (SAS) pada 3 September 2024. Langkah ini dilakukan untuk mendiversifikasi usaha dan memperkuat kelangsungan bisnis perusahaan.

Menurut Direktur Utama SMLE, Siu Min, SAS didirikan dengan modal dasar sebesar Rp10 miliar, di mana modal yang ditempatkan dan disetor penuh mencapai Rp2,5 miliar. Perusahaan ini berlokasi di Kawasan Industri & Pergudangan Laksana Business Park, Tangerang.

SAS sendiri resmi berdiri berdasarkan Akta Pendirian Nomor 47 pada 15 Februari 2024 dan telah mendapat persetujuan dari Menteri Hukum dan HAM RI pada 4 Maret 2024. Setelah itu, melalui perubahan yang tertuang dalam Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham pada 3 September 2024, SAS kembali mendapatkan pengesahan dari Menkumham pada 4 September 2024.

Anak usaha baru ini akan berfokus pada kegiatan pengolahan dan pencampuran bahan baku (blending) sesuai dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 10772, 20294, 20296, dan 20299. SMLE memiliki 99,96% saham SAS, dengan kepemilikan sisanya sebesar 0,04% dipegang oleh Yulia Rosaline.

"Pendirian SAS merupakan strategi kami untuk memperluas pasar dan memberikan nilai tambah pada produk yang akan dijual kepada pelanggan," ujar Siu Min dalam keterangannya, dikutip Rabu (4/9).

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya SAS, operasional perusahaan akan menjadi lebih fokus dan efisien, serta mampu memenuhi permintaan pasar yang lebih besar.