EmitenNews.com - Ini concern PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional IV dalam peningkatan kapasitas SDM UMKM mitra binaan. Perseroan menggelar pelatihan keterampilan pengembangan rumput laut di Desa Batu Batu Kelurahan Aeng Batu Batu, Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

 

"Pelatihan 'capacity building' ini untuk pengembangan kapasitas untuk meningkatkan kemampuan individu maupun kelompok pada mitra binaan kelompok rumput laut," kata Regional Head IV Pelindo, Enriany Muis di Makassar, Kamis (16/2/2023).

 

Pelatihan tersebut merupakan salah satu program pemberdayaan UMKM yang dilaksanakan oleh Pelindo melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Pihaknya memang telah berkomitmen untuk berpartisipasi meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan fokus pada tiga bidang yaitu pendidikan, lingkungan hidup dan pembinaan UMKM.

 

Dalam pelaksanaan capacity building tersebut, pihaknya bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PMN) yang memberikan pelatihan. Materinya, pengolahan makanan dan minuman berupa jus rumput laut, keripik rumput laut, dan sambal atau saus berbahan dasar rumput laut. Kelompok rumput laut merupakan mitra binaan Pelindo sejak lama. ***