EmitenNews.com - Kabar baik bagi dunia kedokteran di Tanah Air. Telah hadir PT TissuePro Teknologi Indonesia (TPI), anak perusahaan TissuePro Technology (TP) yang berbasis di Florida, Amerika Serikat. TissuePro menyediakan kebutuhan reagen dan zat pewarna jaringan tubuh dan pengawet (fixative), kebutuhan utama di rumah sakit, laboratorium klinik dan di Perguruan Tinggi.

Menariknya, TissuePro ini merupakan karya anak bangsa, yang dikomandani oleh Dr. Irawan Satriotomo, dokter peneliti terkemuka di bidang neurosains. Pria kelahiran 1968 ini, menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Indonesia, dan meraih gelar Doktor (S3/PhD) di Universitas Kagawa, Jepang, serta sertifikasi Board Certified Medical Affair Specialist (BCMAS) dari Accreditation Council for Medical Affairs (ACMA), New York, Amerika Serikat pada tahun 2018.

Dalam keterangannya Senin (15/7/2024), Irawan Satriotomo mengemukakan, saat ini PT. TPI berusaha menggandeng investor Antler (Singapore) untuk memasarkan produknya di Asia, khususnya di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar yang cukup tinggi.

Sampai saat ini RS dan laboratorium di universitas dan klinik pemeriksaan masih sangat menggantungkan produk ini dari luar negeri. Di antaranya, ThermoFisher dan Sigma Aldrich yang memasok dari Singapura dan harus indent atau menanti selama berbulan- bulan dengan harga sangat mahal.

Harapannya, dengan adanya produk dari TPI ini, bisa menjawab dan menyediakan kebutuhan reagens dengan harga lebih terjangkau dan kemudahan untuk mendapatkannya. Bagusnya lagi, bakal bisa meningkatkan riset atau penelitian maupun pelayanan kesehatan di Indonesia, sekaligus menghemat devisa negara.

Penting diketahui, TissuePro Teknologi Indonesia, anak perusahaan TissuePro Technology adalah produsen produk persiapan dan analisis jaringan untuk pasar ilmiah, penelitian pendidikan, medis, biomedis, dan farmasi. TissuePro Teknologi Indonesia, adalah distributor TissuePro Technology LLC, di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Perusahaan ini hadir untuk membantu para ilmuwan, atau peneliti di pergurun tinggi, rumah sakit, industri biomedis, atau farmasi dalam persiapan atau analisis jaringan dengan menyediakan produk berkualitas tinggi, pengiriman cepat dan layanan terbaik.

Perseroan menawarkan pilihan produk dan layanan kami luar biasa dalam Teknologi Histologi & Bio Kedokteran. TPI juga menawarkan layanan untuk pemrosesan dan konsultan penelitian. 

“Dibandingkan dengan pesaing lain, kami menyediakan produk dengan kualitas lebih baik dan harga lebih terjangkau,” urai Irawan Satriotomo.

Keberadaan Irawan Satriotomo juga menjadi nilai plus tersendiri. Malang melintang sebagai peneliti di bidang kedokteran, ia tetap menyempatkan diri menjadi adjunct profesor dan mengajar di beberapa universitas di Indonesia. Di antaranya, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Atmajaya, dan lainnya.

Di luar itu, Irawan Satriotomo juga menjadi profesor tamu di sejumlah perguruan tinggi di luar negeri. Misalnya saja, Jepang, Malaysia, selain menjadi peneliti senior di University of Florida, Amerika Serikat.

Di sela-sela waktunya yang senantiasa padat, Irawan Satriotomo masih mau menjadi pembicara dalam webinar eksklusif yang menjelaskan tentang terobosan baru di bidang pengobatan regeneratif. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam penelitian dan pengembangan terapi exosome, ia dengan senang hati berbagi pengetahuan tentang terapi exosome. 

“Senang bisa berbagi untuk kemajuan dunia kedokteran, dan pengobatan di Indonesia,” kata Irawan Satriotomo. ***