Selain pentingnya melihat kebutuhan pasar, Presiden Joko Widodo melihat pentingnya persoalan dana. Presiden menilai inilah fungsi dari venture capital dan BUMN agar ekosistem yang dibangun bisa saling sambung dan terdampingi dengan baik. Di kesempatan yang sama, Menteri BUMN, Erick Thohir menjelaskan, BUMN mencoba berinisiatif, membangun ekosistem yang bisa dibangun di BUMN sendiri.

 

"Contohnya, kita mendorong adanya Indonesia Digital Tribe dan akan kita lakukan setiap tahunnya. Sejak awal, BUMN juga sudah memiliki venture-venture capital, seperti Mandiri Capital, BRI Ventures, Telkom, Telkomsel, dan yang terakhir BNI juga saya minta membuat venture capital. Dan venture capital yang ada di BUMN ini sudah berinvestasi kepada 336 startup," jelas Menteri Erick.

 

Komisaris Utama NFCX, Jahja Suryandy menambahkan, pihaknya yakin Volta bukan hanya sekadar EV biasa, karena Volta telah dilengkapi dengan teknologi IoT canggih yang dikembangkan oleh MCAS Group.

 

"Selama beberapa tahun terakhir, kami telah membangun infrastruktur digital untuk mendukung semakin berkembangnya EV kami di berbagai bidang, seperti kemudahan penggunaan, IoT tanpa batas, dan integrasi stasiun Sistem Ganti Baterai (SGB). Dengan inovasi-inovasi tersebut, kami dapat membantu pemerintah untuk mempercepat transisi penggunaan energi bersih di sektor transportasi," bebernya.