EmitenNews.com - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) atau TUGU berhasil mempertahankan kinerja positif pada periode Triwulan 1 tahun 2024, dengan mencatatkan produksi Premi Bruto secara konsolidasian mencapai Rp 1,97 triliun. 

Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 22,51% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, yang berada di atas rata-rata industri.

Presiden Direktur Tugu Insurance, Tatang Nurhidayat, menjelaskan bahwa peningkatan kinerja tersebut sebagian besar didorong oleh bisnis Fire & Property, yang diikuti oleh Miscellaneous, Marine Hull, dan Onshore. 

Kontribusi bisnis ini menghasilkan pendapatan underwriting konsolidasian sebesar Rp 835,55 miliar, naik 38,07% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain itu, pendapatan investasi konsolidasian juga meningkat signifikan, mencapai Rp 142,20 miliar, naik 46,38% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Meskipun Laba Tahun Berjalan pada Triwulan 1 tahun 2024, sebesar Rp 241,6 miliar, tampak lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (Rp 924,14 miliar), penurunan ini disebabkan oleh pendapatan luar biasa dari penyelesaian kasus hukum dengan Citibank N.A pada tahun lalu, yang mencapai Rp 1,1 triliun. Tanpa memperhitungkan pendapatan tersebut, kenaikan laba tahun berjalan mencapai 327%, menunjukkan kinerja operasional yang kuat.

Selain itu, total aset konsolidasian juga naik 4,6% menjadi Rp 26,3 triliun dibandingkan dengan periode Desember 2023, sementara ekuitas konsolidasian meningkat 2,24% dari Rp 10,3 triliun menjadi Rp 10,5 triliun.

Tingkat Risk Based Capital (RBC) Tugu Insurance mencapai 545,34%, jauh di atas batas minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 120%. Tugu Insurance juga memperoleh predikat Financial Strength Rating A- (Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating of "a-" (Excellent) dari lembaga pemeringkat internasional AM Best, yang telah dipertahankan selama delapan tahun berturut-turut sejak 2016. Sejak 2023, Tugu Insurance juga memperoleh predikat National Scale Rating (NSR) aaa.ID (Exceptional).

Dengan pencapaian-pencapaian ini, Tugu Insurance menunjukkan komitmen untuk terus menjaga kinerja positif dan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham serta kliennya.