EmitenNews.com - Ini cara Kementerian Sosial dalam menunjang aktivitas pendidikan akan-anak di Papua Pegunungan. Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan 100 unit sepeda kepada anak-anak di Saminage, Kabupaten Yahukimo, dengan harapan mereka lebih bersemangat lagi dalam menempuh pendidikannya.

 

Dalam keterangannya kepada pers, Sabtu (14/10/2023), Mensos Risma mengatakan, dengan pemberian sepeda itu, para siswa tidak perlu berjalan kaki lagi, dari rumah ke sekolah PP.  Dengan begitu mereka akan lebih bersemangat lagi.

 

“Kita tidak mau kasih sepeda motor karena risiko besar. Cukup berikan sepeda kepada anak-anak pergi sekolah agar lebih bersemangat dan memperoleh fisik kuat karena setiap hari harus mengayuh,” kata Mensos Risma.

 

Pemberian sepeda itu, akan membuat anak-anak sekolah itu, menjadi sehat fisik maupun mental. Jadi, tidak benar kalau ada yang bilang pemberian sepeda itu, malah menyiksa anak-anak itu, karena tenaganya diforsir untuk mengayuh.

 

Sepeda pemberian Mensos itu, didesain khusus bagi anak-anak di pedalaman dengan menggunakan sistem perpindahan gigi. Jadi, kalau di tanjakan mereka bisa mengubah ke gigi ringan, kayuhan sepeda akan lebih mudah. Tanpa harus turun dan mendorong.

 

Keunggulan sepeda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya operasional, seperti bahan bakar, cukup perawatan ringan saja sehingga akan awet.

 

“Kalau kita berikan motor, berapa biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan. Apalagi di daerah pedalaman harganya cukup tinggi dan risiko kecelakaan dari anak-anak kita juga besar,” kata Mensos Risma.

 

Dengan anak-anak bergerak mengayuh sepeda setiap hari, maka jiwa dan raga mereka akan sehat untuk menerima pelajaran di sekolah.

 

“Kami harapkan anak-anak Indonesia dari Sabang-Merauke akan menjadi penerus bangsa ini ke depan, sehingga pendidikan harus terjaga, baik itu di wilayah perkotaan maupun ke pedalaman,” ujarnya. ***