Kenaikan harga gula konsumsi juga di atas HET. Berdasarkan Peraturan Bapanas Nomor 17 tahun 2023, HET gula konsumsi untuk wilayah Jawa sebesar Rp16.000 per kg. Sayangnya, di Kota Bandung saat ini rata-rata harga gula konsumsi jauh di atas HET yaitu Rp18.000 per kg. Ada kenaikan sebesar 11,11 persen.

 

Kemudian, komoditas daging ayam kenaikannya 8,84 persen dengan HET sebesar Rp36.750 per kg, tetapi di pasaran Rp40.000 per kg. 

 

Harga telur ayam mengalami sedikit kenaikan dalam kurun waktu yang sama yakni dari harga Rp27.200 per kg naik menjadi Rp 28.500 per kg atau naik 5,26 persen.

 

Yang menyedihkan, terjadi kelangkaan pada dua komoditas yakni gula konsumsi dan beras. Untuk varian gula premium, di pasar Cihapit pedagang hanya dijatah 1 karton berisi 24 kg per pekan. Di Griya Pahlawan, konsumen hanya boleh membeli 3 pcs per konsumen untuk gula konsumsi 1 kg. Sedangkan stok beras premium tidak banyak dijual dan ada pembatasan dari pemasok.

 

"Saya menyoroti dua hal ini, dan menekankan jangan sampai ada penahanan pasokan sehingga menaikkan harga komoditas gula konsumsi dan beras di pasaran untuk menaikkan harga di kemudian hari," tutur Fanshurullah Asa.

 

KPPU menegaskan sidak dilakukan guna menekankan kepada pelaku usaha untuk berhati-hati dalam menaikkan atau menentukan harga komoditas pangan yang berdampak langsung kepada masyarakat. Siapa pun jangan sampai melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1999, terlebih jika ada potensi kartel di baliknya. ***