EmitenNews.com - Indonesia bertekad mencapai target transisi energi bersih pada 2060 atau lebih cepat. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menekankan pentingnya menempuh cara lebih hijau dalam membangun dan mengembangkan infrastruktur di Indonesia. Hal itu penting demi mencapai target transisi energi bersih pada 2060 atau lebih cepat.


"Pemerintah Indonesia percaya bahwa sangat penting membangun infrastruktur dengan cara yang lebih hijau," kata Wamenkeu Suahasil Nazara dalam B20-G20 Dialogue bertajuk Finance and Infrastructure Task Force, di Jakarta, Kamis (14/7/2022).


Pemerintah telah melakukan penandaan anggaran mitigasi dan adaptasi perubahan iklim atau climate budget tagging melalui anggaran pendapatan belanja (APBN) sejak 2016. Pemerintah dalam anggarannya, kata Wamenkeu, selalu melacak kegiatan-kegiatan dalam setiap kementerian yang dapat dikategorikan sebagai kegiatan hijau.


Selain itu, pemerintah juga menerbitkan beberapa pembiayaan hijau seperti melalui green bond dan green sukuk untuk semakin mendukung infrastruktur dengan cara lebih hijau atau berkelanjutan. Pemerintah terus melakukan hal itu, agar green bond, green sukuk dapat terhubung untuk didirikan dengan underlying proyek-proyek di Tanah Air. ***