EmitenNews.com - Raffi Ahmad tidak mau lama-lama membiarkan soal keterlibatannya dalam tindak pidana pencucian uang (TPPU) menjadi isu liar. Didampingi kuasa hukumnya, Hotman Paris Hutapea, artis yang juga pengusaha itu, mengklaim setidaknya dua menteri, dan cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka yang juga putra Presiden Joko Widodo mendukungnya mendukungnya menghadapi tudingan miring itu.

Kepada pers, Senin (5/2/2024), Raffi Ahmad menyebutkan, Gibran Rakabuming Raka, sudah mengetahui hal itu. Menurut pemilik RANS Entertainment itu, Gibran, yang maju dalam Pilpres 2024 mendampingi Capres Prabowo Subianto, memberikan respons positif serta berusaha menenangkan dirinya.

"Saya beberapa kali ketemu dan habis debat pun saya makan sama beliau. Mas Gibran juga bilang, 'tenang aja kalau enggak ada apa-apa, sudah biarin aja. Sabar-sabar aja,' gitu sih," kata Raffi Ahmad saat menggelar konferensi pers di Jakarta Selatan, Senin.

Dukungan serupa diperoleh Raffi Ahmad dari Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Kedua menteri tersebut, seperti juga Raffi Ahmad pendukung pasangan Prabowo-Gibran. 

"Pak Erick Thohir. Baru tadi saya lihat upload-an videonya, dia support saya. Pak Zulkifli Hasan juga. Kemarin kalau ketemu ‘ah udahlah, nanti kalau berita seperti itu nanti akan hilang’," ujar ayah dua anak tersebut. 

Erick Thohir dan Zulkifli Hasan sama-sama meminta Raffi Ahmad tenang menghadapi tuduhan itu. "Mereka bilang, kalau memang ada TPPU silakan buktikan. Kalau memang ada, mana buktinya? Kalau enggak ada buktinya, ya sudah tenang-tenang saja.”

Sementara itu, Advokat kondang Hotman Paris Hutapea, yang menjadi kuasa hukum Raffi Ahmad, menantang National Corruption Watch (NCW) yang diduga pertama kali menyebarkan isu kliennya terlibat pencucian uang. Dia meminta agar NCW dapat membuktikan tudingannya. 

"Kalau memang ada buktinya, itu orang pasti udah lapor ke KPK atau ke mana. Berkoar-koar aja berani," ujar Hotman Paris Hutapea. 

Melalui unggahan di Instagram, Hotman Paris Hutapea sebelumnya sudah menunjukkan dukungan, dan pembelaannya kepada Raffi Ahmad atas kabar pencucian uang Raffi Ahmad itu. Ia sejak awal sudah menantang siapa pun menunjukkan bukti. 

"Jangan sembarangan menuduh! Apa tindak pidana induknya? Awas jangan motivasi beda dukung capres??" tulis Hotman Paris dalam unggahan foto berita pencucian uang yang disebut oleh Ketua National Corruption Watch (NCW).

Di Bali, Jumat (2/2/2024), Hotman menyebutkan, Raffi Ahmad difitnah, disebarkan di medsos bahwa Raffi Ahmad melakukan pencucian uang ratusan miliar, tapi orang itu tidak bisa menunjukkan tindak pidana induk.

“Tidak ada tindak pidana pencucian uang kalau tidak ada tindak pidana induknya atau tindak pidana pemicunya," ujar Hotman Paris Hutapea.

Dengan dalil seperti itu, Hotman pasang badan untuk Raffi Ahmad dan mengaku akan membelanya, "Saya sebagai rekannya Raffi Ahmad, Raffi Ahmad dan Hotman siap bertemu dengan orang tersebut yang menuduh. Bawa pengacaranya seratus berhadapan dengan kita." ***