EmitenNews.com - Samudera Indonesia (SMDR) memperkuat modal anak usaha Rp17,6 miliar. Caranya, perseroan menyerap 17.600 saham terbitan Cumawis pada harga Rp1 juta per saham. Penambahan modal itu, telah dilakukan pada 12 Desember 2023. 


Dengan pelaksanaan transaksi itu, susunan pemegang saham Cumawis mengalami perusahaan. Pertama, perseroan 22.595 lembar dengan nilai nominal Rp22,59 miliar alias 99,98 persen. Lalu, kedua Samudera Wadah Mitra 5 lembar dengan nilai nominal Rp5 juta setara 0,02 persen. 


Cumawis perusahaan terafiliasi dan anak usaha perseroan. Keduanya merupakan pihak yang dikendalikan baik langsung maupun tidak langsung oleh Samudera Indonesia Tangguh. Komisaris Utama Cumawis yaitu Bani Maulana menjabat sebagai direktur utama perseroan. 


Transaksi penyertaan modal itu, dikecualikan dari kewajiban berdasar ketentuan Pasal 4 ayat (1) POJK no 42/2020, dan hanya melapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Transaksi itu, juga tidak masuk material sebagaimana dalam peraturan OJK nomor 17/POJK.04/2020. 


Transaksi penyertaan modal untuk memperkuat struktur permodalan Cumawis. Menjadi salah satu langkah strategis untuk mendukung investasi, dan kegiatan usaha. ”Dengan begitu, nanti diharap meningkatkan kontribusi pendapatan perseroan, dan ujungnya memberi nilai tambah kepada pemegang saham publik,” tegas Farida Helianti Sastrosatomo, Direktur Kepatuhan dan Sekretaris Perusahaan Samudera Indonesia. (*)