EmitenNews.com - Tingkatkan literasi dan inklusi keuangan di kawasan perbatasan, atau kawasan tertinggal, terdepan dan terluar, Bank Kalbar bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan edukasi keuangan di kawasan perbatasan di Badau, Kapuas Hulu.

Kepada pers, Selasa (1/10/2024), Pimpinan Cabang Bank Kalbar Semitau, Siti Masyitah mengatakan, Bank Kalbar sering mengadakan kegiatan sosialisasi inklusi keuangan dengan menggandeng OJK di kawasan tertinggal, terdepan dan terluar. Di antaranya di daerah batas negara, seperti PLBN Aruk, PLBN Entikong, PLBN Jagoi Babang. 

“Kali ini di Badau, yakni di SDN 01 Badau, Kantor Camat Badau dan Hotel KD Badau," ujar Siti Masyitah.

Dengan literasi keuangan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan keyakinan masyarakat dalam mengelola keuangan. Harapannya, mencapai kemandirian finansial dan meningkatkan kesejahteraan.

"Dengan inklusi keuangan bagaimana akses ketersediaan produk layanan dan kualitas produk layanan perbankan bisa berdampak bagi kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Analis Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Perlindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis OJK Kalbar, Mangihut P. Aritonang mengingatkan masyarakat akan pentingnya pengetahuan tentang literasi dan inklusi keuangan.

"Literasi dan inklusi keuangan itu sangat berdampak pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Mangihut P. Aritonang. ***