EmitenNews.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi keputusan Rapimnas Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023), yang menunjuknya sebagai bakal cawapres pendamping bacapres Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan hasil rancangan keputusan rapat pimpinan nasional ke Gibran Rakabuming Raka untuk ditindaklanjuti bersama Prabowo Subianto. 

 

Dalam Rapimnas Golkar, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mendeklarasikan untuk mendukung Gibran sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto. 

 

Sebelumnya, Airlangga Hartarto terlebih dahulu mengenalkan Gibran kepada senior-senior dari Golkar. Mulai dari Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, hingga Wakil Ketua Umum Golkar Bambang Soesatyo, yang juga Ketua MPR RI. 

 

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga memberikan terlebih dahulu rancangan keputusan hasil rapat pleno pertama kepada Gibran. "Barusan kami sudah menyerahkan keputusan dari pada pleno Golkar yang dihadiri oleh seluruh pengurus DPP dan DPD seluruh Indonesia diserahkan kepada mas Gibran Rakabuming Raka."

 

Sementara itu, Gibran yang berbaju batik lengan panjang, ketika didaulat memberi keterangan kepada wartawan, tidak banyak bicara. Setelah berterima kasih karena Rapimnas Golkar telah memberikan kepercayaan kepadanya sebagai bacawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto. 

 

Setelah itu, Gibran mencoba melepaskan ketegangannya dengan melempar guyonan kepada wartawan yang menunggunya sejak lama: “tunggu saya ya?” yang langsung memancing tawa panjang kalangan wartawan.

 

Gibran berterima kasih karena para wartawan telah menunggunya dengan sabar. Tetapi, ia tidak memberikan lebih banyak waktu untuk tanya-jawab.

 

Pada bagian lain paparanya, Gibran hanya mengatakan, akan menindaklanjuti penunjukan itu bersama Prabowo Subianto. Rencananya, Prabowo akan membawa rekomendasi dari Rapimnas Golkar itu, kepada para ketua partai pendukung, sekaligus mendiskusikan siapa bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto. 

 

Koalisi Indonesia Maju didukung oleh selain Partai Gerindra, ada Golkar, PAN, dan Partai Demokrat yang bergabung belakangan. Partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono itu, merapat ke koalisi Prabowo, setelah kecewa berat dengan Koalisi Perubahan Persatuan, yang memilih Muhaimin Iskandar sebagai pendamping capres Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. ***