EmitenNews.com - Kalau rumors itu kelak terbukti, berarti akan ada sejarah baru. Seiring dengan pencopotan Johnny G. Plate dari kursi Menteri Komunikasi dan Informatika karena menjadi tersangka kasus korupsi BTS Kominfo, beredar isu penggantinya adalah ketua umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Saat ini, anak perempuan HT, Angela Tanoesoedibjo menjabat wakil menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tetapi, Presiden Joko Widodo sudah menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Plt. Menkominfo.

 

Sayangnya, Presiden Jokowi sepertinya tidak mau menjawab isu bahwa Hary Tanoe yang juga pemilik MNC Group bakal diangkat menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Jhonny G. Plate. Jokowi mengungkapkan posisi Menkominfo telah diisi oleh pelaksana tugas yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

 

"Plt Pak Menkopolhukam," tegas Presiden Jokowi menjawab wartawan, di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (19/5/2023) pagi.

 

Rumors itu menguat setelah Hary Tanoesoedibjo sempat dua kali bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta: Senin (15/5/2023) dan Rabu (26/4/2023). Pada dua pertemuan tersebut, Hary Tanoesoedibjo hanya datang seorang diri.

 

Satu hal, harga saham emiten Grup MNC, milik HT, melesat sepanjang Jumat hari ini. Penguatan tersebut terjadi di tengah beredarnya rumor bahwa Hary Tanoe bakal menduduki kursi Menkominfo menggantikan Johnny G Plate, yang terjerat kasus korupsi dengan kerugian negara lebih dari Rp8 triliun.

 

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan, penguatan tertinggi dialami saham Grup MNC adalah PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) dengan kenaikan Rp50 (8,4%) menjadi Rp645. Lalu, saham PT MNC Sky Vision (MSKY) naik Rp7 (4,93%) jadi Rp149.

 

Saham lainnya juga menguat. Saham PT MNC Asia Holding Tbk (BHIT) naik Rp2 (3,77%) menjadi Rp55, PT MNC Kapital Indonesia (BCAP) naik Rp1 (1,79%) menjadi Rp57. Berikutnya, PT Global Mediacom (BMTR) naik Rp6 (2%) menjadi Rp306, PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) naik Rp2 (2,6%) menjadi Rp79, dan PT MNC Studios International Tbk (MSIN) menguat Rp10 (0,25%) menjadi Rp4.000.

 

Meski tidak lolos ke Senayan dalam Pemilu 2019, Hary Tanoe, Partai Perindo adalah pendukung garis keras Presiden Jokowi. Bahkan beberapa hari lalu, HT mengemukakan bakal membawa gerbong etnis Tionghoa untuk mendukung Capres pilih Jokowi. ***