EmitenNews.com - Koalisi Anti Korupsi Indonesia (KAKI) berpartisipasi dalam Integrity Expo KPK yang dilaksanakan dalam suasana perayaan Hari Anti-Korupsi Sedunia (HAKORDIA) 2023 yang bertemakan Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju pada 12 - 13 Desember 2023 di Istora Senayan. 

 

Keikutsertaan KAKI dalam Expo kali ini untuk dapat meningkatkan kesadaran dan mengadvokasi pentingnya peran bisnis dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. 


Dari perspektif bisnis, korupsi menciptakan lingkungan bisnis yang buruk, seperti perlakuan tidak adil dan operasi bisnis yang tidak efektif, dan yang paling penting adalah mengurangi keuntungan perusahaan karena praktik korupsi memaksa perusahaan melakukan operasi perusahaan yang tidak efisien. Integritas dan kepatuhan antikorupsi dengan demikian menjadi semakin penting bagi bisnis dalam beberapa tahun terakhir.

 

Tindakan kolektif sektor swasta sangat penting untuk menciptakan lingkungan bisnis yang bersih. Melalui aksi kolektif, perusahaan akan memiliki aliansi yang mempunyai pemikiran sama dalam usaha membangun integritas bisnis mengambil inisiatif untuk mengekang korupsi dan mempromosikan ekosistem bisnis yang bersih, dan menjadikan sektor bisnis sebagai bagian dari solusi masalah korupsi. 

 

KAKI memiliki misi untuk berkolaborasi dalam membangun ekosistem stakeholders aksi kolektif anti korupsi, menghimpun dan menyebarluaskan praktik-praktik anti suap dan anti korupsi di korporasi dan masyarakat, mendorong pelaksanaan korporasi yang bertanggung jawab, inklusif, dan berintegritas, menyediakan platform pusat aksi kolektif anti korupsi korporasi dan Masyarakat, serta membantu Perusahaan membangun sistem antikorupsi.

 

Dengan mengajak perusahaan bergabung dalam koalisi dan menerapkan sertifikasi sistem kepatuhan antisuap, KAKI mengajak perusahaan yang memiliki kesadaran terhadap isu korupsi berkumpul dan berjuang bersama. 

 

KAKI merupakan platform bagi sektor swasta secara kolektif menciptakan, mengadopsi, dan menyebarkan praktik kepatuhan dan etika antikorupsi yang efektif. KAKI juga memiliki sistem antisuap yang digabungkan dari penyederhanaan ISO 37001, FCPA, UK Bribery Act, dan beberapa peraturan antikorupsi bagi perusahaan di Indonesia. 

 

KAKI didukung oleh lembaga dan asosiasi-asosiasi bisnis terkemuka seperti; IICD, KNKG, KADIN, APINDO, AEI, IBL, IGCN, IICG, GRC Indonesia, dan HIPMI Kota Bandung. KAKI juga mendapat dukungan internasional seperti CIPE, lembaga afiliasi Kamar Dagang Amerika Serikat, diangkat dalam studi Business at OECD (BIAC) menjadi pusat edukasi sektor swasta yang efektif, dan memenangkan penghargaan anti-korupsi dari ROLACC dan UNODC di tahun 2023. 

 

Informasi lebih lanjut mengenai keanggotaan dapat menghubungi Sekretariat KAKI: dessy@iicd.or.id atau dina@iicd.or.id  atau melihat website kami: https://cac-indonesia.or.id/. ***