EmitenNews.com - Kabakaran melanda Kapal Feri KMP Royce 1, Sabtu (6/5/2023), pukul 15.08 WIB. Kapal milik PT DlB itu mengalami kebakaran di Selat Sunda, dalam pelayarannya dari Pelabuhan Merak, Banten menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Tim SAR Gabungan dari Basarnas, dan para nelayan, segera melakukan proses evakuasi untuk menyelamatkan ratusan penumpang.

 

Berdasarkan informasi sementara dilaporkan setelah kapal melintasi Pulau Tempurung melalui VTS Merak dan diteruskan ke Basarnas Banten, kebakaran terjadi.

 

Proses Evakuasi dilakukan Tim SAR Gabungan dari Basarnas, Lanal Banten, Polairud Banten, KPLP Banten, BPTD, ASDP Merak, PMI dan Nelayan setempat dan selesai pada Pukul 17.30 WIB. Jumlah korban Selamat masih dalam pendataan petugas

 

Kepala Kantor SAR Banten, Adil Triyanto mengatakan, kebakaran terjadi, diduga karena sebuah bus yang diangkut kapal tersebut mengalami kebakaran. "Jadi ada bus yang di dalam kapal mengalami kebakaran."


Sejumlah penumpang Kapal Ferry Royce I yang terbakar di Merak dievakuasi ke Kapal Motor Jagantara. Salah satu penumpang KM Jagantara Saipul Anwar, yang juga ASN Kementerian Agama Pesawaran menjadi saksi mata atas peristiwa kebakaran tersebut. 

Ia menceritakan jam 17.40 WIB, KM Jagantara baru bersandar ke Pelabuhan Merak

 

"Kapal kami tertunda sandarnya, karena akan membantu proses evakuasi. Beberapa penumpang yang dievakuasi ke kapal kami," ungkap Saipul Anwar kepada pers. ***