EmitenNews.com - Pemerintah memanfaatkan platform dan teknologi digital untuk mengenalkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) kepada pelajar di Indonesia. Pekan lalu, Kemenkeu membuat acara final untuk lomba debat mahasiswa tentang APBN. Juga lomba untuk TikTok dan video YouTube untuk anak-anak SMP dan SMA mengenai APBN. 

 

"Luar biasa, kita menggunakan platform dan teknologi digital untuk bisa mempenetrasi dan mengenalkan keuangan negara dan APBN kepada anak-anak di Indonesia," kata  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Final Nasional Olimpiade APBN 2023 secara virtual di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

 

Menkeu Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, tidak semua  negara di dunia transparan mengenai APBN karena anggapan jika semakin sedikit yang mengetahui tentang anggaran negara maka semakin baik.

 

Artinya, ada potensi penyalahgunaan APBN yang dilakukan oleh para pengelola anggaran demi kepentingan-kepentingan tertentu.

 

"Makanya tadi disebutkan oleh Maniza (Country Representative United Nations Children.s Fund/Unicef Indonesia Maniza Zaman) mengenai demystifying Kementerian Keuangan, karena banyak negara di dunia yang Kementerian Keuangannya itu biasanya tertutup, eksklusif, tidak transparan," ungkap mantan Direktur Pengelola Bank Dunia tersebut. ***