EmitenNews.com -Kegiatan bisnis yang terus berkembang mendorong setiap perusahaan untuk beradaptasi dan berinovasi dengan teknologi. Dalam pasar modal, perusahaan teknologi terlihat cukup menarik perhatian para pelaku pasar.

 

Namun sayangnya banyak juga para investor yang belum memahami nature saham sektor teknologi sehingga terjadi kesalahan persepsi. Maka dari itu investor diharapkan bisa lebih mencermati prospek maupun risiko sebelum masuk ke saham teknologi.

 

Salah satu emiten teknologi yang sedang dalam tren penguatan inovasi dan pengembangan bisnis adalah PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) yang baru-baru ini telah digandeng oleh BUMN sektor pariwisata PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) atau lebih familiar disebut TWC dengan kick off kerjasama tersebut telah terlaksana pada Senin (10/7/2023).

 

Dalam pengembangan bisnis modern di sektor pariwisata, TWC menggandeng RUNS untuk mengimplementasikan enterprise resource planning (ERP) pada modul financial and cost management (FICO), procurement, inventory material management (IMM) dan Human Resource Management (HRM).

 

Dimas selaku analis Bahana Sekuritas menyebut bahwa potensi saham RUNS sangat besar, menurutnya, RUNS direkomendasikan Akumulasi buy dengan target price di level 194 dan Stop Loss di level 55.

 

"Saham RUNS berada di bottoming area downtrend channel berpotensi terjadinya Rebound Indikator MACD Negatif mengecil dan bersiap Golden Cross Indikator Stochastic Uptrend," ungkap Dimas.

 

Sedangkan Analis dari Mirae Asset Sekuritas Tasrul Tanar menyatakan saham RUNS masih relatif sideways, support saat ini di 57 dan resistance terdekat di 70. Potensi kenaikan lebih lanjut jika mampu menembus resistance diatas dengan target berikutnya ke 82.

 

Sepanjang tahun lalu, Global Sukses Solusi (RUNS) dalam hal Operation Profit Margin (OPM) menunjukan angka 14,71%, masuk dalam urutan 10 besar dari 35 emiten bidang teknologi. Hal ini menunjukan perseroan mampu menghasilkan keuntungan bersih yang signifikan. Sementara untuk Gross Profit Margin (GPM) RUNS masuk kedalam daftar 3 besar emiten bidang teknologi, yaitu sebesar 83,41%.

 

Pertumbuhan bisnis dan kinerja yang impresif dari emiten asal Yogyakarta ini, juga ditunjukan pada Laporan Keuangan konsolidasian tahun 2022 yang telah diaudit.