EmitenNews - Pemerintah menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok (bapok) untuk Ramadhan dan Lebaran 2021 mencukupi dan harganya terjangkau. Tapi Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menghitung, menganalisis dan mengendalikan lagi untuk memastikan suplai cukup, sehingga harganya stabil.


“Dari hasil pantauan kami secara nasional, menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun ini, ketersediaan serta harga bapok terpantau aman dan stabil. Kemendag telah melakukan koordinasi secara intensif dengan asosiasi produksi, penjual, distribusi, dan seluruh pemangku kepentingan terkait lainnya guna memastikan ketersediaan bapok nasional,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, Selasa (16/03/2021).


Mendag memastikan saat ini beberapa komoditas seperti beras dan gula menjadi perhatian pemerintah untuk diantisipasi stabilitas harga dan kecukupan pasokannya. Dan berdasarkan laporan yang diterimanya Lutfi bisa memastikan harga komoditas tersebut diyakini akan stabil hingga menjelang Ramadhan dan Lebaran.


Hal itu disebabkan pada bulan Maret ini sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki masa panen beras. Sedangkan untuk gula, proses impor raw sugar akan masuk dan menambah stok dan gula yang telah digiling akan masuk ke pasar. "Dengan begitu, harga gula akan kembali stabil menjadi Rp12.500 per kilogram sesuai harga eceran tertinggi (HET),” terang Lutfi.


Hal yang sama juga terjadi pada komoditas cabai merah yang belakangan ini diberitakan langka dan harganya di atas kewajaran.


“Setelah sempat mengalami kenaikan harga akibat cuaca yang merusak panen di sejumlah sentra seperti Tuban, Kediri, dan Blitar di Jawa Timur; serta Wajo, Sulawesi Utara, harga cabai merah di pasaran saat ini sudah mulai turun karena akan memasuki masa panen. Sehingga, menambah stok di pasar dan membuat harga kembali stabil,” ujarnya.


Mendag menegaskan, seluruh komoditas bapok untuk kebutuhan nasional, terutama memasuki Ramadan dan Lebaran bisa terjaga dengan baik.


“Saya pastikan juga, bila nanti ada kenaikan harga, itu sifatnya sporadis. Kami pastikan stok selalu tersedia dan kita akan melihat penurunan harga yang baik hingga Lebaran nanti,” pungkasnya.(*)