EmitenNews.com—PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mencatatkan kenaikan laba mencapai 34,4% pada kuartal III 2022 jika dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya (yoy).


Kenaikan laba tersebut dihasilkan dari pencapaian pendapatan usaha hingga Rp10,2 triliun. Angka tersebut disumbangkan dari kontribusi pendapatan tol sebesar Rp9,3 triliun atau naik 22,6% dan kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp892,1 miliar atau naik 36,3% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.


Beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan adanya peningkatan mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap kenaikan volume lalu lintas Perseroan. Tidak hanya itu, EBITDA Perseroan mengalami pertumbuhan sebesar 20,3% seiring dengan peningkatan kinerja Pendapatan Tol di Triwulan III 2022.


Begitu pun dengan realisasi EBITDA Margin mencapai 63,3% dengan beroperasinya sejumlah ruas tol baru dan upaya efisiensi yang dilakukan Perseroan.

Mengoptimalkan portofolio bisnis perusahaan, perseroan pada tahun ini melanjutkan program asset recycling sebagai bagian dari strategi korporasi untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan kesinambungan bisnis Perseroan.


Saat ini Perseroan tengah menyiapkan program equity fundraising melalui PT JTT sebagai tindak lanjut rencana Perseroan untuk mendapatkan pendanaan baru berbasis ekuitas.


Adapun saat ini, perseroan mengelola total 50% jalan tol operasi di seluruh Indonesia atau sepanjang 1.260 Km dari total konsesi jalan tol yang dimiliki Perseroan sepanjang 1.809 Km.


Keenam proyek jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk Paket III Sukabungah-Sadang dan Paket II Setu-Sukabungah, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri untuk Seksi Kediri-Kertosono.


Selanjutnya Jalan Tol Bogor Ring Road untuk Seksi Simpang Semplak-Junction Salabenda, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi untuk Seksi Probolinggo-Besuki, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Jalan Tol Gedebage-Cilacap untuk Seksi Gedebage-Garut Utara.