EmitenNews.com - Letjen Agus Subiyanto bakal mendapat promosi. Presiden Joko Widodo kabarnya akan melantik wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) itu, menjadi Kasad, besok, Rabu (25/10/2023). Mantan Danpaspamres tersebut akan menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa pensiun.

 

Kepada wartawan, Selasa (24/10/2023), Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengaku sudah mendengar kabar tersebut. Politikus Partai Golkar tersebut mengatakan, Letjen Agus yang saat ini menjabat sebagai wakasad merupakan kandidat kuat pengganti Jenderal Dudung.

 

“Pak Agus memang calon kuat, tapi kepastian siapa menunggu esok ya,” tegas Meutya Hafid.

 

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Tohari menegaskan, pergantian Kepala Staf TNI AD (Kasad) merupakan kewenangan Presiden Jokowi. Dia meminta masyarakat untuk menunggu informasi resmi. “Kita tunggu saja, karena itu kewenangannya Presiden.”

 

Jenderal Dudung Abdurachman akan purna bakti dari TNI pada 19 November 2023, tepat saat mantan Pangdam Jaya itu, berusia 58 tahun. Hal ini sesuai ketentuan Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia mengatur masa kedinasan prajurit paling tinggi 58 tahun untuk perwira, dan 53 tahun untuk bintara dan tamtama.

 

Sementara itu, sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat (Mabesad), Selasa, telah menggelar Rapat Koordinasi Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan Darat, di Markas Besar TNI Angkatan Darat. Rapat berlangsung tterkait dengan rencana pergantian posisi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

 

Brigjen TNI Hamim Tohari mengungkapkan, rapat koordinasi Sertijab digelar di Aula A.H. Nasution, Mabesad, Gambir, Jakarta Pusat. ***