EmitenNews.com -  Emiten Prajogo Pangestu PT Petrosea Tbk. (PTRO) menyampaikan telah menandatangani suatu Perjanjian Fasilitas Berjangka Senior dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) pada tanggal 30 Agustus 2024.

Anto Broto Corporate Secretary PTRO dalam keterangan tertulisnya Selasa (3/9) menuturkan bahwa PTRO mendapatkan fasilitas kredit dari BNI sebesar Rp2.325.000.000.000 (dengan suatu opsi accordion hingga Rp775.000.000.000) dengan tenor selama 8 tahun.

"Fasilitas ini akan digunakan untuk mendanai belanja modal (capital expenditure) terkait pembelian aset usaha, yaitu termasuk namun tidak terbatas pada kontrak jasa pertambangan, kontrak jasa EPC atau kontrak terkait kegiatan usaha lainnya yang disebutkan dalam anggaran dasar,"tuturnya.

Sementara itu setelah pemenuhan persyaratan-persyaratan berdasarkan Perjanjian Fasilitas, Perseroan akan menggunakan fasilitas pinjaman dari Kreditur untuk meningkatkan kinerja operasional dan keuangan.

 Anto menambahkan Perolehan fasilitas ini memberikan dampak positif terhadap kelangsungan usaha PTRO serta bukan merupakan transaksi material sesuai regulasi OJK dalam POJK No. 17/POJK.04/2020. 

Sebelumnya emiten milik Prajogo Pangestu yaitu PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) dan anak usahanya telah menandatangani perjanjian fasilitas kredit dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) pada tanggal 30 Agustus 2024.

Robertus Maylando Siahaya Corporate Secretary CUAN dalam keterangan tertulisnya Selasa (3/9) menyampaikan bahwa CUAN bersama anak usahanya mendapatkan fasilitas kredit sebesar Rp775 miliar dari BNI yang akan jatuh tempo pada tanggal 30 Agustus 2030.

Robertus menjelaskan fasilitas kredit ini berdasarkan Perjanjian Fasilitas Kredit No.319 dibuat dihadapan Christina Dwi Utami, S.H., M.Hum M.Kn., Notaris di Jakarta.

"Seluruh Pinjaman yang diperoleh CUAN ini akan dipergunakan untuk membiayai kegiatan Perseroan secara umum," tulisnya.

Robertus menambahkan Pinjaman dari BNI ini menyebabkan bertambahnya kewajiban keuangan Perseroan, dan sekaligus juga akan membantu Perseroan dalam membiayai kegiatan usahanya.