EmitenNews.com - Transcoal Pacific (TCPI) bakal mendapat dana taktis Rp1,5 triliun. Dana segar itu datang dari perolehan kontrak pengangkutan batu bara. Kontrak itu diperoleh dari salah satu perusahaan trading batu bara sebagai pelanggan perseroan.


Kontrak pengangkutan batu bara tersebut berdurasi 5 tahun. ”Transaksi penekenan kontrak telah dilakukan pada 21 Desember 2022,” tulis Erizal Darwis, Direktur Transcoal Pacific. 


Perolehan kontrak tersebut berdampak positif terhadap kegiatan operasional. Pasalnya, perseroan mendapat kepercayaan dari pelanggan untuk pengangkutan batu bara milik pelanggan. ”Perusahaan tidak memiliki afiliasi dengan pelanggan,” imbuhnya. 


Secara hukum, perjanjian tersebut mewajibkan perusahaan untuk mengangkut dan mengantar batu bara milik pelanggan sesuai ketentuan yang diatur dalam kontrak. Selanjutnya, perusahaan berhak menerima pembayaran biaya pengangkutan batu bara sesuai ketentuan. ”Dengan perolehan kontrak tersebut kelangsungan usaha tetap terjaga, dan terjamin dengan baik,” tegas Erizal. (*)