EmitenNews.com—Sebagai pengembang properti yang berbasis di Kalimantan Timur (Kaltim), PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) mengaku tak mau ketinggalan dalam memanfaatkan peluang bisnis seiring berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim.


Hal tersebut disampaikan terkait rencana pengembangan bisnis perusahaan, seiring dengan proses Penawaran Umum Perdana Saham (Initial PubliC Offering/IPO) yang sedang dilakukan oleh BSBK saat ini. Diketahui bahwa saat ini proses IPO BSBK tengah memasuki proses penjatahan saham, di mana puncaknya perusahaan bakal melakukan pencatatan perdana (listing) saham pada Selasa (8/11/2022)  esok hari.


"Pindahnya IKN ini benar-benar menjadi momentum yang pas sekaligus kesempatan emas bagi kami para pengembang, dalam memperbesar potensi bisnis properti di kawasan Balikpapan, khususnya kawasan kami di Balikpapan Super Block (BSB)," ujar Direktur Operasional BSBK , Tjia Daniel Wirawan, dalam keterangan resminya, Jumat (4/11/2022).


Saat ini pemerintah telah memulai pembangunan fisik di IKN, dengan target pada 2024 mendatang sudah ada pemindahan kantor pemerintahan dan beberapa fungsi pelayanan yang telah dilakukan secara bertahap, hingga nantinya secara bertahap seluruh kantor pemerintahan bakal dipindah ke wilayah baru tersebut.


Dengan adanya pemindahan perkantoran tersebut, diperkirakan ada sedikitnya 500 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian dan Lembaga yang juga ikut berpindah ke IKN, dalam kurun waktu 2022 hingga 2024 mendatang. Perpindahan tersebut berjalan seiring dengan pembangunan infrastruktur utama, seperti Istana Kepresidenan, Gedung DPR/MPR dan perumahan pada tahap awal pembangunan IKN.


Pada tahap selanjutnya, yaitu periode 2025 hingga 2035, akan dilakukan pengembangan fase kota berikutnya, seperti pusat inovasi dan ekonomi, sekaligus menyelesaikan pemindahan pusat pemerintahan IKN.


Selain itu, pengembangan sektor-sektor ekonomi prioritas, penerapan sistem insentif untuk sektor-sektor ekonomi prioritas, serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan juga akan dilakukan pada periode tersebut.


"Kami membangun properti di lokasi strategi dengan fasilitas lengkap, sehingga diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi para investor untuk berinvestasi di kawasan tersebut," tutur Tjia.


Selain karena memiliki konsep yang menarik dan berbeda dari pendahulunya, menurut Tjia, properti garapan BSBK juga berdiri di pusat kota dengan lokasi yang sangat strategis, berdekatan dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, hiburan dan kebutuhan hidup lainnya.


"Selain lokasi yang strategis, Balikpapan Super Block juga ditunjang dengan berbagai fasilitas lain, sehingga menjadikannya sebagai hunian yang sangat menjanjikan," tegas Tjia.