EmitenNews.com - Kita kehilangan Empu Jamu Indonesia. Pendiri Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Mooryati Soedibyo meninggal dunia, Rabu dini hari (24/4/2024), sekitar pukul 01.00 WIB. Perempuan yang sangat terkenal di dunia kecantikan dan kontes kecantikan, selain sebagai seorang politikus itu, berpulang dalam usia sepuh, 96 tahun. 

Mooryati Soedibyo dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Tapos, Bogor, Jawa Barat. Prosesi pemakaman dilaksanakan secara militer, Rabu siang.

Kabar duka itu antara lain disampaikan oleh Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. Ia mengaku mendengar kabar meninggalnya Mooryati Soedibyo dari Setjen MPR.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Mooryati Soedibyo. Ia mengenang almarhumah sebagai sosok perempuan inspiratif, pelopor pemberdayaan perempuan, serta banyak memberikan kontribusi dan pengabdian bagi kemajuan perempuan di Tanah Air.

"Turut berduka cita yang mendalam atas berpulang-nya Ibu Mooryati Soedibyo. Semoga Tuhan memberi kekuatan dan keikhlasan kepada keluarga yang ditinggalkan," urai Menteri Bintang Puspayoga.

Mooryati Soedibyo, cucu Raja Kasunanan Surakarta Paku Bowono X, tokoh penting dalam industri jamu, dan produk kecantikan. Mantan Wakil Ketua MPR RI (2004-2009) itu, memulai bisnis jamu pada 1975 dan mendirikan jaringan bisnis, dan industri kecantikan Mustika Ratu pada 1978.

Berkat ketekunan, dan kepiawaiannya, Mooryati Soedibyo sukses membawa Mustika Ratu terus berkembang, yang kini memproduksi berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Pemasarannya, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

Keterlibatannya dalam dunia kecantikan, makin moncer setelah Mooryati Soedibyo mendirikan Yayasan Puteri Indonesia, dan menjadi pencetus kontes kecantikan Puteri Indonesia yang digelar setiap tahun sejak 1992.

Tidak hanya di dunia kecantikan dan pageant, Mooryati Soedibjo juga meninggalkan jejak harum di dunia politik. Mooryati Soedibyo, bersama Aksa Mahmud dan AM Fatwa menjabat Wakil Ketua MPR 2004-2009, perwakilan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD), di masa Ketua Hidayat Nur Wahid. 

Mooryati Soedibyo terpilih sebagai Senator dari Daerah Pemilihan DKI Jakarta. Ibunda anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Putri Kuswisnuwardhani itu lolos dalam pemilu 2004 dari Dapil DKI Jakarta, bersama Marwan Batubara, Sarwono Kusumaatmaja, dan Biem Triani Benyamin. 

Berkat aktivitasnya di dunia kecantikan, dan politikus, Mooryati Soedibyo masuk dalam daftar 99 Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia. 

Mooryati Soedibyo mendapat julukan Empu Jamu Indonesia, atas keahliannya meracik jamu, salah satu bidang usaha yang ditekuninya, lewat brand Mustika Ratu. ***