EmitenNews.com - PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI), perusahaan yang bergerak di bidang angkutan laut, mengumumkan pendirian perusahaan patungan terbaru bernama PT Unggul Maritim Indonesia (UMI). 

Pendirian UMI dilakukan secara tidak langsung oleh ELPI melalui anak usahanya, PT Samudra Luas Sejahtera Abadi (SLSA). 

Corporate Secretary ELPI, Wawan Heri Purnomo, menyampaikan bahwa SLSA akan mengendalikan 55% saham di UMI, sementara sisanya masing-masing 22,5% dimiliki oleh PT Radeva Abadi Makmur dan PT Rakindo Unitrust Mandiri.

“Pendirian UMI merupakan langkah strategis SLSA, yang merupakan entitas anak dari perseroan, untuk melakukan perluasan usaha di sektor tug & barge yang berfokus pada operasional di area Pulau Jawa dan Sumatera,” jelas Purnomo dalam keterangan resminya, Senin (2/9).

Meski nilai investasi yang dikeluarkan oleh SLSA untuk pendirian joint venture tersebut tidak diungkapkan, data dari idnfinancials.com menunjukkan bahwa ELPI memiliki kas dan setara kas sebesar Rp343,18 miliar per 30 Juni 2024. 

Langkah strategis ini diharapkan dapat memperkuat posisi ELPI dalam industri maritim, khususnya dalam sektor transportasi laut yang terus berkembang di wilayah Jawa dan Sumatera.