EmitenNews.com—PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK)  sebagai sebuah Perusahaan yang bergerak di sektor properti & real estate pemilik Balikpapan Super Block, yang dikembangkan dengan konsep kawasan terpadu “One Stop Living” dengan luas sekitar 14 hektar. Akhirnya berhasil mendarat dengan mulus di papan Utama perdagangan Bursa Efek Indonesia sebagai emiten Ke-48 pada tahun 2022 dan ke-814 di BEI sampai saat ini.


Pagi ini saham BSBK tak terbendung dalam penguatan yang signifikan hingga menyentuh level tertinggi dengan penguatan 35 persen ke level 135 per saham dari harga perdana 100 per saham. Ariny saham BSBK langsung ARA dengan volume saham di transaksikan sebanyak 256,12 juta saham, nilai transaksi Rp34,59 miliar dan frekuensi 3.201 kali  hingga pukul 09:22 WIB.


Target dana yang diperoleh dari hasil IPO ini sebesar Rp275 miliar setelah dikurangi dengan biaya IPO, rencananya akan digunakan sekitar sebesar Rp 100 miliar untuk pembelian tanah seluas sekitar 1,2 hektar di wilayah kota Balikpapan dan sekitarnya.


Christopher Sumasto Tjia, Direktur Utama Perseroan menjelaskan, di tahun ini Perseroan melakukan corporate action melalui IPO dengan menjual saham baru di Bursa Efek Indonesia (BEI), langkah ini dilakukan guna untuk mendukung sumber pendanaan Perseroan dalam mengembangkan usaha Perseroan agar target yang telah ditetapkan oleh Perseroan dapat terealisasi. 


Selain itu, tujuan Perseroan melakukan IPO juga guna untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas Perseroan agar Perseroan memiliki Good Corporate Governance (GCG) yang baik.


Dengan diperolehnya dana dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan, persediaan tanah yang dimiliki oleh perseroan akan meningkat, dan sebagai salah satu sumber pendanaan dalam pengembangan Balikpapan Super Block Perseroan. 


Pengembangan tersebut akan menopang penjualan Perseroan kedepannya yang pada akhirnya akan meningkatkan laba Perseroan di masa yang akan datang. Selain itu dengan diperolehnya dana hasil IPO, Perseroan akan memiliki struktur permodalan yang semakin sehat.


Perseroan adalah suatu Perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usahanya sebagai Developer Properti Real Estate yang berkedudukan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Perseroan berdiri pada tahun 1994 merupakan perusahaan yang bergerak dalam usaha real estate. 


Penjualan dan pendapatan usaha perseroan pada 30 Juni 2022 mengalami kenaikan sebesar 27,80% (yoy) dari 30 Juni 2021 menjadi sebesar 120 miliar rupiah. Semester 1 tahun 2022 Perseroan berhasil memberikan kinerja yang baik, sehingga pada 30 Juni 2022 dapat membukukan keuntungan sebesar 5,98 miliar rupiah. Kinerja perseroan tetap mampu bertahan dalam guncangan pandemi COVID-19, perseroan dapat mencetak laba pada akhir tahun 2021 yang dua tahun sebelumnya mengalami kerugian di masa pandemi COVID-19, hal ini dapat dilihat dari laba komprehensif perseroan yang positif dan mengalami peningkatan.