EmitenNews.com - Kabar gembira bagi para nelayan. Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meresmikan Inisiasi Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17/9/2022). Solusi ini dijadikan sebagai salah satu lokasi proyek percontohan. Dengan program ini, nelayan dipastikan mendapat BBM solar subsidi seharga Rp6.800 per liter.


Peresmian dipusatkan di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) nelayan yang dikelola Koperasi Unit Desa (KUD) Mino Saroyo, Cilacap. Hadir antara lain Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto, dan sejumlah pejabat lainnya.


Dalam keterangannya yang dikutip Senin (19/9/2022), Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan dan kelautan yang luar biasa. Sayangnya, kehidupan nelayan nyaris tidak berkembang. Masih di situ-situ saja, kata Erick Thohir.


“Karena itu, kami dari pemerintah diperintahkan oleh Bapak Presiden, Pak Teten sebagai Menteri Koperasi, saya sebagai Menteri BUMN untuk coba berinisiasi mencarikan solusi untuk nelayan yang memang taraf hidupnya harus ditingkatkan," kata Erick Thohir.


Kesejahteraan nelayan harus menjadi bagian penting dari program pemerintah. Salah satunya Program Solusi Nelayan yang masih ditujukan untuk memberikan kemudahan akses BBM solar subsidi bagi nelayan. Selama ini nelayan masih mendapatkan BBM dengan harga Rp7.000 hingga Rp10.000 per liter.


"Hari ini, kami pastikan harga Solar Rp6.800/liter. Memang Cilacap sebagai pilot project, nanti InsyaAllah kita akan kembangkan di beberapa daerah lain," kata Erick Thohir yang diamini Menteri Teten Masduki. ***