Kabinet Zaken memiliki kemungkinan yang besar dalam meningkatkan kepercayaan investor, tapi tentu saja tidak tanpa tantangan yang akan menghalangi. Tantangan tersebut dapat berupa :

1. Resistensi Sosial dan Politik

Kabinet Zaken seringkali melakukan reformasi terhadap penghematan anggaran, reformasi perpajakan dan restrukturisasi sektor public, hal ini akan memicu resistensi dari Masyarakat. Karena kebijakan ini dirasa terlalu berat dan akan menimbulkan dampak langsung pada kehidupan sehari-hari. Belum lagi tekanan dari partai dan demonstrasi publik. Hal tersebut akan menjadi penghambat bagi kabinet zaken dalam menerapkan kebijakan.

2. Sangat bergantung pada dukungan parlemen 

Kabinet zaken harus bebas dari pengaruh politik langsung, meskipun perlu dukungan dalam menerapkan kebijakan. Bagaimanapun jangan sampai implementasi kebijakan terhambat karena tidak adanya dukungan dari parlemen atau lembaga legislative.

3. Kebijakan yang popular

Di sisi lain, keberhasilan kabinet Zaken sangat bergantung pada kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi dan mendapatkan dukungan dari negara. Pengelolaan opini publik tetap diperlukan, meskipun tidak ada kepentingan langsung dalam politik. Jika pemerintah dianggap bertindak tidak adil, legitimasi pemerintahan dapat dipertanyakan oleh masyarakat; kepercayaan investor dapat melemah. Kabinet Zaken atau Kabinet Teknokrat memberikan solusi yang netral dan pragmatis dalam krisis ekonomi. Fokus mereka adalah pada kebijakan berdasarkan data, stabilitas ekonomi, dan tidak ada konflik kepentingan, selain dari jangka pendek. Hal ini dapat memulihkan kepercayaan investor dengan mengalirkan investasi ke negara tersebut. Hal ini penting untuk mencegah krisis lebih lanjut.

Jika melihat beberapa negara yang berhasil  mengembalikan kepercayaan pasar keuangan melalui kabinet Zaken, itu karena mereka mendapat dukungan dalam menerapkan kebijakan dan mengkomunikasikan dengan baik pada Masyarakat.

Karena bagaimanapun salah satu yang menjadi kunci dalam pertumbuhan perekonomian yang berkelanjutan adalah kepercayaan investor.

Meskipun Kabinet Zaken dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi krisis. Perlu diingat bahwa kabinet Zaken ini juga harus bijaksana dalam menyeimbangkan antara kepentingan jangka panjang dan dukungan publik untuk memastikan keberhasilan reformasi ekonomi yang mereka terapkan.