EmitenNews.com - Ikut mendorong peningkatan kualitas kopi Lampung, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Pelabuhan Tarahan memberikan bantuan berupa 30 unit mesin sangrai dan grinder kopi. Selama ini Lampung dikenal sebagai salah satu provinsi penghasil kopi jenis Robusta yang diminati para penikmat kopi. Memiliki rasa pahit yang khas, Kopi Robusta Lampung merupakan pendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

 

Dalam keterangannya yang dikutip Selasa (18/4/2023), Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PTBA Suherman, mengungkapkan bantuan ini merupakan kontribusi perseroan untuk mendukung Program Lampung Berjaya. Ia berharap Kopi Robusta Lampung dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas, serta meningkatkan kesejahteraan produsen Kopi Lampung dan masyarakat daerah secara umum.

 

Suherman menyerahkan langsung mesin sangrai dan grinder kopi buatan UKM lokal tersebut kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada Kamis (13/4/2023). Bantuan diberikan untuk mendorong peningkatan kualitas produk dan kesejahteraan produsen Kopi Robusta Lampung.

 

"PTBA berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat serta memberi manfaat bagi sekitar," ujar Suherman.

 

PTBA mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan tersebut, sejalan dengan Noble Purpose (Tujuan Mulia) PTBA sebagai anggota Grup MIND ID. Yaitu menambang untuk membangun peradaban, kesejahteraan masyarakat, dan masa depan yang lebih baik (We explore natural resources for civilization, prosperity, and brighter future).

 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan apresiasi atas dukungan PTBA dalam pembangunan di daerah. Bantuan mesin pengolah kopi dari PTBA akan dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Ia berharap dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat.

 

Gubernur memberikan apresiasi, sekaligus berterima kasih atas konsistensi kontribusi Bukit Asam di Provinsi Lampung. Ia menjelaskan, Lampung merupakan penghasil 38 persen kopi nasional. ***

  1.