EmitenNews.com - Majulah UMKM di Tanah Air. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan forum Indonesia- Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) adalah wadah pertemuan bisnis (business matching) bagi pelaku usaha UMKM di kawasan ASEAN.

 

Dalam keterangannya di Batam, Rabu (27/9/2023), Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Muhammad Riza Damanik mengatakan Indonesia, Malaysia, Thailand dan negara-negara di di kawasan ASEAN memiliki pasar yang cukup besar.

 

"Saat yang bersamaan kita juga negara produsen yang punya keunggulan. Jadi ASEAN ini harus punya pilihan-pilihan strategis untuk memilih produk-produk unggulannya di antaranya produk-produk pangan seperti pertanian dan agro kultur," kata Riza.

 

Pertemuan pelaku usaha dari tiga negara itu, dinilai dapat mendorong produk-produk UMKM dalam negeri mengakses pasar yang lebih luas di ASEAN.

 

Berdasarkan evaluasi Kemenkop UKM, proses pertemuan bisnis dinilai sangat efektif untuk mendekatkan pelaku UMKM dengan mitra-mitra strategis.

 

"Kalau pelaku UMKM kita mencari mitra sendiri, sepertinya sulit. UMKM butuh waktu untuk meningkatkan produktivitasnya, saat yang bersamaanharus mencari mitra-mitra strategisnya, itu saya kira tidak mudah buat mereka," ujar Muhammad Riza Damanik. ***